MENJADI PENDENGAR YANG BAIK ... setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah... - Y 1:19 Pentingnya Mendengarkan: ---> merupakan faktor utama keberhasilan suatu komunikasi adalah KERELAAN untuk MENDENGAR. karena untuk mendengarkan dibutukan kesabaran, kerendahan hati, kesiapan mental serta tidak ada gangguan pendengaran. Hambatan untuk Menjadi Pendengar Yang Baik: ---> Tidak Mau Bersabar (duduk tenang dan mendengarkan merupakan sikap yang mahal) ---> Mendominasi Pembicaraan (bertele-tele, merembet ke topik lain, tidak memberikan kesempatan lawan bicara untuk berbicara) ---> Pembicaraan Tidak Sistimatik (melenceng ke kanan dan ke kiri) Menjadi Pendengar yang Baik dan Berhasil ---> Siap Mental (kita harus menunggu waktu untuk menjelaskannya pada gilirannya nanti) ---> Bersikap Kritis (kita harus berhati-hati terhadap apa yang kita dengarkan) ---> Rendah Hati (tidak ada gunanya sama ...